Senin, 21 Maret 2011

Caraku Belajar Matematika

Matematika. Dan ketika mendengar kata itu beberapa orang begitu muak dan akan terbayang angka, pembuktian yang rumit, soal-soal yang sulit dll. Saya?saya tidak pandai matematika, tapi saya suka matematika. Ketika dulu dihadapkan pada pilihan masuk ke perguruan tinggi, hanya 3 pilihan saya, Matematika Murni, Statistik atau pilihan terakhir Bahasa Inggris. Ketika nilai UAN saya keluar ternyata nilai Matematika saya pas-pas an dan justru tinggi di Bahasa Indonesia. Tapi sesuatu dalam diri saya membuat saya nekat uuntuk menjatuhkan pilihan pada Statistik dan Matematika. Nasib berbicara lain dan saya pun akhirnya terdampar di Matematika Pendidikan. Heumm, gpp lah, yang penting saya masih bisa belajar matematika. Belajar matematika itu ternyata memang sulit, dan butuh keuletan. Saya selalu ingat kata-kata seorang guru saya, bahwa orang pintar itu masih kalah dengan orang yang rajin. Dan saya memang benar-benar membuktikannya. Berdasarkan beberapa pengalaman dan pengamatan saya, ada beberapa hal yang menjadi dasar ketika kita akan belajar matematika. Apakah itu, coba tenangkan pikiran anda dulu ya sebelum melanjutkan membaca tulisan saya (xoxoxo)...^__^
  1. Selalu siapkan pensil, penghapus dan kertas coretan, ketiga benda tersebut sangat vital menurut saya.
  2. Membaca secara teliti dan memahami satu persatu maksud soal yang akan dihadapi.
  3. Bila berjumpa dengan soal cerita coba tulis apa saja variabel yang diketahui, agar kita nanti paham maksud soal ini mau dibawa kemana, inilah kemudian yang dimaksud konsep matematika yang akan kita pelajari.
  4. Matematika juga membutuhkan imajinasi loh, kalau dengan imajinasi tidak bisa cobalah mengaitkan soal-soal dengan kehidupan nyata. Misalnya menghitung volume tabung dengan mencobakan pada kaleng susu dsb.
  5. Selalu berhati-hati dan teliti dalam mengerjakan atau menulis angka, ingat salah satu angka saja bisa fatal akibatnya.
  6. Mengerjakan model soal yang sama dengan angka yang berbeda sampai benar-benar paham,,(yang ini manjur buat saya (^__^)
  7. Kadang-kadang alat bantu perlu tapi  bukan menjadi hal yang utama,  seperti kalkulator dan kecrekan (xoxoxo)
  8. PR Matematika. Jangan pernah mengabaikan ini, karena PR ini akan membuat kita semakin giat berlatih dan tentunya pemahaman yang meningkat.
  9. Sekali-kali mengerjakan matematika di luar kepala itu bagus loh, mengasah kepekaan otak kita dan kecepatan kita dalam menyelesaikan masalah.
  10. Yang terakhir nih, dan memang lumayan sulit, jadikan matematika bagian dalam hidup kita, ibaratkan matematika adalah soulmate kita, maka ketika kita mencintai matematika dengan sendiri nya kita pun akan dengan mudah mengerjakan soal yang rumit sekalipun. 
Heumm,,masih kurang apa yah???ini masih sepengetahuan saya loh,,,semoga bermanfaat, jika masih kurang tambahkan di komentar ya...semoga bermanfaat..salam hangat...^___^

Original: Signatured by Tunjung Genarsih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan cik-cik dan uncle-uncle yang mau bercomment...Ana tunggu ya comment-nya...^__^